Melangkah dengan Tepat Menuju Cita-cita

Bantu anak Anda unggul secara akademis, serta mengasahnya menjadi individu yang cerdas dan tercerahkan demi kehidupan yang bermakna.

Persiapan terbaik di setiap jenjang SMA untuk meraih kampus impian

Lolos ke kampus impian tidak sesimpel bagus-bagusan nilai rapor. Ada berbagai jalur seleksi masuk PTN dengan strateginya masing-masing, mulai dari SNMPTN, UTBK, dan Ujian Mandiri. Pastikan anak Anda memiliki persiapan yang tepat untuk jalur yang tepat.

  • Kelas 10-11

    Jalur SNMPTN adalah seleksi masuk PTN berdasarkan nilai rapor semester 1-5 dan prestasi akademik/non-akademik. Kuota penerimaan SNMPTN berkisar 20-40% dari kapasitas jurusan. Jalur ini menyaring anak dengan nilai rapor yang meningkat konsisten.

    SNMPTN idealnya disiapkan dari kelas 10-11 karena yang dilihat adalah nilai semester 1-5. Tetapi sayangnya, banyak yang baru menyiapkan di kelas 12, sehingga peluang lolos menjadi kecil.

    Meraih nilai bagus di tiap ujian semester sekolah & aktif berpartisipasi di organisasi/kejuaraan adalah amunisi terbaik untuk memaksimalkan peluang lolos SNMPTN.

  • Kelas 11

    AKM adalah ujian nasional versi baru yang dilaksanakan di kelas 11 atau awal kelas 12. AKM menguji Literasi & Numerasi – bukan mampu baca, tapi paham makna bacaan; bukan mampu menghitung, tapi paham matematika sebagai model logika. Ini paradigma baru bagi sekolah yang terbiasa dengan pengajaran berorientasi hafalan.

    Paradigma AKM mirip dengan UTBK (ujian tulis masuk PTN). Persiapan AKM yang matang bisa sangat membantu persiapan UTBK di kelas 12.

  • Kelas 12

    Bagi anak kelas 12 yang tidak berasal dari SMA favorit & tidak memiliki nilai rapor kelas 10-11 yang bagus, pilihan terbaik masuk PTN adalah fokus persiapan UTBK & Ujian Mandiri dari awal kelas 12. Kuota penerimaan kedua jalur ini adalah total 60-80%.

    Jalur UTBK murni menyaring dari nilai ujian tulisnya, nilai rapor SMA tidak dilihat sama sekali.

    Sebagian besar materi yang diujikan di UTBK tidak diajarkan di sekolah. Kalaupun ada materi sekolah yang muncul di UTBK, biasanya dimulai dari materi kelas 10, yang sudah banyak dilupakan anak. Untuk mempelajari semua materi UTBK, sebaiknya anak fokus mempersiapkan UTBK dari awal kelas 12.

Untuk memiliki persiapan yang tepat, metode belajar efektif berbasis pemahaman menyeluruh menjadi penting. Bukan berorientasi pada hafalan yang menumpulkan nalar dan bikin belajar membosankan. Metode belajar yang bantu paham materi dari akarnya menjadi fondasi pembelajaran di bab-bab selanjutnya. Dengan fondasi yang kuat, proses belajar lebih efisien dan berdampak seumur hidup.

Prinsip Pengajaran Zenius

  • Kakak Pembimbing

    Zenius bukan sekadar pengajar, melainkan juga mentor menyeluruh. Tutor Zenius melatih mentalitas belajar yang tepat dan membangun motivasi, sekaligus jadi teman pendengar keluh-kesah.

  • Penajam Nalar

    Tutor Zenius menceritakan asal-usul dari segala sesuatu, mengajak untuk melihat ilmu sebagai rangkaian cerita yang runtut dan masuk akal. Proses belajar menjadi proses pencarian jawaban dari teka-teki yang seru.

  • Pemantik Candu

    Berbekal pengalaman selama 17 tahun, pedagogi Zenius mengeksploitasi sifat dasar manusia untuk membentuk pelajar dan alumni yang ketagihan belajar.

Produk Unggulan Zenius

UTBK

Pemantapan materi UTBK untuk lulusan SMA yang pernah gagal UTBK, dan ingin mencoba lagi.

  • LIVE Class persiapan UTBK
  • Tryout UTBK
  • Video materi sekolah & UTBK
  • Bank soal materi sekolah & UTBK
  • Video pembahasan soal
UTBK

Persiapan khusus untuk anak kelas 12 SMA yang baru mau ikut UTBK untuk pertama kalinya.

  • LIVE Class persiapan UTBK
  • Tryout UTBK
  • Video materi sekolah amp; UTBK
  • Bank soal materi sekolah amp; UTBK
  • Video pembahasan soal
UTBK

Video pelajaran sekolah & persiapan UTBK yang bisa diakses di mana saja, kapan saja!

  • Video materi sekolah & UTBK
  • Tryout UTBK
  • Bank soal materi sekolah & UTBK
  • Video pembahasan soal
Pelajaran Sekolah

Persiapan khusus ujian semester sekolah.

  • LIVE Class pelajaran sekolah
  • Video materi sekolah
  • Bank soal materi sekolah
  • Video pembahasan soal
Pelajaran Sekolah

Video pelajaran sekolah & yang bisa diakses di mana saja, kapan saja!

  • Video materi sekolah
  • Bank soal materi sekolah
  • Video pembahasan soal

Curi start lebih awal dari jenjang SMP untuk meraih kampus impian

Tujuan akhir dari pembelajaran SMP bukan sekadar melanjutkan pendidikan ke SMA. Persiapan menuju kampus impian sebenarnya bisa dimulai dari jenjang SMP. Arahkan anak Anda untuk “curi start” dalam mewujudkan cita-citanya.

  • Jalur Seleksi PTN

    Jalur SNMPTN adalah seleksi masuk PTN berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik/ non-akademik selama SMA.

    Selain kualitas siswa, jalur SNMPTN juga melihat kualitas sekolah sebagai faktor yang mempengaruhi penerimaan. Anak dengan nilai 9 dari sekolah akreditasi A bisa jadi berkualitas berbeda dibandingkan anak dengan nilai 9 dari sekolah akreditasi B atau C.

    Bukan rahasia umum lagi, SMA-SMA favorit jadi langganan pemasok calon mahasiswa yang lolos lewat jalur SNMPTN ke PTN favorit, seperti UI, ITB, dan UGM.

    Dengan kata lain, opsi lolos ke kampus impian lebih terbuka lebar jika seorang anak SMP bisa melanjutkan studi ke SMA favorit. Dengan bersekolah di SMA favorit, peluang anak lolos seleksi SNMPTN bisa lebih tinggi dibandingkan ikut SNMPTN dari SMA non-favorit.

  • Jalur Seleksi SMA

    Lalu, bagaimana menyiapkan anak SMP untuk lolos ke SMA favorit?

    PPDB SMA adalah seleksi penerimaan peserta didik SMA. Secara umum, terbagi menjadi 2 jalur, yaitu Zonasi dan Prestasi.

    PPDB Jalur Zonasi akan memprioritaskan anak yang satu RT, RW, dan Kelurahan dengan SMA tersebut. Untuk menyiasati tahap ini, anak bisa saja pindah domisili dekat dengan SMA yang dituju.

    Namun, tanpa didukung kemampuan akademis yang memadai, anak akan kewalahan mengikuti pembelajaran di SMA favorit, sehingga peluang lolos SNMPTN pun jadi kecil.

  • Strategi Menuju SMA Favorit

    PPDB Jalur Prestasi menyeleksi berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik/ non-akademik selama SMP.

    Strategi memaksimalkan peluang lolosnya tentunya adalah meraih nilai rata-rata rapor yang tinggi dan mendulang prestasi akademis & non-akademis selama SMP.

    Nilai rapor & prestasi di luar kelas perlu disiapkan secara bersamaan karena keduanya punya pembobotan nilai masing-masing.

Untuk mendampingi persiapan lebih awal, metode belajar efektif berbasis pemahaman menyeluruh menjadi penting. Bukan berorientasi pada hafalan yang menumpulkan nalar dan bikin belajar membosankan. Metode belajar yang bantu paham materi dari akarnya menjadi fondasi pembelajaran di bab selanjutnya. Dengan fondasi yang kuat, proses belajar yang efisien dan berdampak seumur hidup.

Pengajaran Zenius

  • Kakak Pembimbing

    Zenius bukan sekadar pengajar, melainkan juga mentor menyeluruh. Tutor Zenius melatih mentalitas belajar yang tepat dan membangun motivasi, sekaligus jadi teman pendengar keluh-kesah.

  • Penajam Nalar

    Tutor Zenius menceritakan asal-usul dari segala sesuatu, mengajak untuk melihat ilmu sebagai rangkaian cerita yang runtut dan masuk akal. Proses belajar menjadi proses pencarian jawaban dari teka-teki yang seru.

  • Pemantik Candu

    Berbekal pengalaman selama 17 tahun, pedagogi Zenius mengeksploitasi sifat dasar manusia untuk membentuk pelajar dan alumni yang ketagihan belajar.

Produk Unggulan Zenius

Pelajaran Sekolah

Solusi soal pelajaran sekolah yang bisa diakses di mana saja, kapan saja

  • Video pembahasan soal
Pelajaran Sekolah

Masih Gratis

Koleksi materi belajar sekolah yang bisa diakses di mana saja, kapan saja

  • Video pelajaran sekolah
  • Soal pelajaran sekolah

Pembekalan kemampuan esensial yang tepat sejak usia dini

Pendidikan anak usia dini tidak terbatas pada calistung. Kemampuan calistung terbukti kurang membantu anak unggul secara akademis di masa depan. Bekali anak Anda dengan kemampuan yang tepat sejak dini.

  • Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini

    Banyak orang tua anak SD yang berlomba-lomba agar anaknya bisa cepat-cepat hafal alfabet, angka, penjumlahan, perkalian, dan sebagainya. Padahal, berdasarkan hasil banyak riset selama puluhan tahun, pemberian hafalan tanpa konteks sedari dini kurang efektif untuk mendukung perkembangan intelektual anak di masa depan.

    Anak-anak yang tumbuh dengan paradigma pendidikan berorientasi “hafalan” akan dengan mudah dibalap secara akademis di fase kehidupan selanjutnya oleh anak-anak berkemampuan fundamental yang kokoh.

  • Kemampuan Fundamental yang Berdampak

    Lalu, apa saja kemampuan yang perlu ditanamkan sejak dini?

    Penanaman kemampuan kognitif dasar, nilai, dan karakter terbukti menjadi kemampuan esensial yang berpengaruh pada perkembangan intelektual anak di masa depan.

    Nilai dan karakter membantu anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan bernavigasi lebih baik di kehidupannya sebagai bagian dari masyarakat sosial.

    Kemampuan kognitif dasar tidak berhenti pada kemampuan mengingat informasi, tetapi juga kemampuan berlogika, menalar, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Inilah bekal berharga untuk memproses informasi yang lebih kompleks di jenjang pendidikan selanjutnya.

  • Metode Belajar Anak Usia Dini

    Bagaimana kemampuan esensial ini

    ditanamkan pada anak usia dini?

    Di fase tumbuh kembangnya, anak usia dini kurang optimal belajar dari “pelajaran sekolah”. Dalam prosesnya mengenali dunia yang penuh dengan nilai dan norma, mereka lebih optimal belajar dari cerita, karakter yang menarik, dan aktivitas yang seru, seperti bermain.

    Anak usia dini belajar dengan menarik pola dari rangkaian cerita dan mencontoh perilaku karakter yang disukai. Lewat bermain, mereka melatih kemampuan sensorik, motorik, komunikasi, negosiasi, dan mengendalikan emosi.

Untuk menanamkan kemampuan yang tepat, pendidikan nalar berbasis cerita menjadi penting. Bukan sekadar menjejalkan informasi tanpa benang merah yang bermakna. Rangkaian cerita menarik yang sarat akan teka-teki pengasah nalar. Berbekal kemampuan berpikir fundamental yang kokoh, anak akan jadi pembelajar mandiri seumur hidupnya.

Prinsip Pengajaran Zenius

  • Teman Bermain dan Belajar

    Zenius hadir sebagai karakter yang ikut bermain dan bersama-sama menarik pelajaran dari penelusuran petualangan sehari-hari.

  • Penajam Nalar

    Zenius menceritakan asal-usul dari segala sesuatu, mengajak untuk melihat ilmu sebagai rangkaian cerita yang runtut dan masuk akal. Proses belajar menjadi proses pencarian jawaban dari teka-teki yang seru.

  • Pendongeng Ulung

    Berbekal pengalaman selama 17 tahun, pedagogi Zenius mengeksploitasi sifat dasar manusia untuk membentuk pelajar dan alumni yang ketagihan belajar.

Produk Unggulan Zenius

Pelajaran Sekolah

Solusi soal pelajaran sekolah yang bisa diakses di mana saja, kapan saja

  • Video pembahasan soal
Pelajaran Sekolah

Masih Gratis

Koleksi materi belajar sekolah yang bisa diakses di mana saja, kapan saja

  • Video pelajaran sekolah
  • Soal pelajaran sekolah
Pelajaran Sekolah

X DISNEY

Kolaborasi Zenius dengan pendongeng terbaik & karakter paling dicintai sepanjang masa.

Apa kata mereka tentang Zenius?

  • Ibnu RiskiFisika – Universitas Diponegoro

    Zenius bener-bener merupakan anugerah. Gue berasal dari keluarga kurang mampu dan tidak memprioritaskan pendidikan. Zenius mengubah gue yang dulu gak punya cita-cita, jadi bisa nge-upgrade diri hingga keterima di Jurusan Fisika Universitas Diponegoro & ikut lomba-lomba hingga ke Malaysia.

  • Anggita Dewi NugrahaniPsikologi – Universitas Airlangga

    Di sekolah, aku gak pinter, ranking 20-an melulu. Tapi aku hampir setiap hari nonton video zenius buat belajar sendiri, soalnya aku anak IPA yang mau lintas jurusan di SBMPTN, ambil soshum. Waktu tes, aku terbantu banget sama yang ku pelajarin dari Zenius. Pokoknya bersyukur banget jadi pengguna Zenius!

  • Adli Wafi JabbarDokter Umum – RSIJ Cempaka Putih`

    Saya tidak pernah ikut kursus di luar hanya dengan Zenius saja sudah lebih dari cukup. Nilai saya selalu menjadi 3 terbaik dikelas dari kelas 10 sampai kelas 12, sampai saya masuk FK tanpa tes karena nilai rapot saya diatas rata rata. Zenius itu program yang membantu saya meraih cita-cita saya menjadi dokter.

  • Nahdia KamalStaf Kementerian Keuangan RI

    Sempat nyesel baru pake Zenius di akhir masa SMA, tapi alhamdulillah tetep bisa lolos PKN STAN. Dari Zenius jadi sadar kalau kita enjoy selama proses belajar, nilai juga bakal ngikutin. Zenius itu temen belajar yang komplit, mencerdaskan banget, kapan lagi bisa belajar sambil tidur-tiduran tapi berkualitas.

  • Stefanus Deo AlfianTeknik Mesin – ITB

    Zenius nggak bikin nilai tinggi dengan rumus cepat, tapi mengajarkan logika dan bikin jadi cerdas beneran. Dijamin nagih belajar pake Zenius. Zenius mengubah keadaan saya dari STP (Siswa Tanpa Prestasi) jadi mahasiswa ITB. Dari “kamu nggak belajar?” jadi “nanti belajarnya jangan lama lama ya.”

Penuhi potensi anak dengan Zenius

Belajar Sekarang

Pahami Perjalanan Mewujudkan Cita-cita

  • Bagaimana mempersiapkan anak SMA untuk lolos PTN lewat jalur SNMPTN?

    Jalur SNMPTN optimal disiapkan dengan meningkatkan nilai rapor dari kelas 10-11 dan aktif berprestasi/berorganisasi. Jika baru disiapkan di kelas 12, sudah terlambat karena yang dilihat adalah nilai rapor semester 1-5.

  • Bagaimana mempersiapkan anak SMA untuk lolos PTN lewat jalur UTBK?

    Karena UTBK tidak melihat nilai rapor dan sebagian besar materi yang diujikan tidak dipelajari di sekolah, persiapan UTBK sangat direkomendasikan untuk dimulai dari awal kelas 12.

  • Apa yang perlu diperhatikan anak ketika mempersiapkan diri untuk AKM?

    Fokus pengujian AKM selaras dengan tuntutan soal UTBK. Oleh karena itu, persiapan AKM yang matang akan sangat membantu persiapan UTBK untuk seleksi PTN.

  • Bagaimana mempersiapkan anak SMP lebih awal untuk lolos kampus impian?

    Anak SMP bisa menargetkan masuk SMA favorit, di mana ia bisa ikut jalur SNMPTN dengan peluang lolos lebih tinggi ketimbang ikut SNMPTN dari SMA non-favorit.

  • Bagaimana mengoptimalkan pendidikan anak usia dini agar dapat menunjang perkembangan intelektualnya di masa depan?

    Penanaman kognitif dasar, nilai, dan karakter terbukti membantu anak unggul secara akademis di masa depan. Kemampuan kognitif dasar tidak berhenti pada calistung, tetapi juga penajaman logika & nalar yang dibangun lewat rangkaian cerita menarik dan aktivitas yang seru.

footerhtml